Cara Penyebaran Malware pada Komputer



Cara Penyebaran Malware pada Komputer
Bagaimana penyebaran infeksi malware??
  1. Sebagian besar malware menginfeksi korban melalui flashdisk dan autorun.inf-nya, tetapi dengan perkembangan internet akhir-akhir ini maka ditemukan banyak sekali malware yang menginfeksi korban melalui jaringan, contohnya "Downadup/Conficker"
  2. Yang paling mudah dilakukan adalah melalui Email dengan link atau attachment yang telah disisipi malware, serangan melalui email yang dilakukan terhadap target yang spesifik disebut juga Spear Phising.
  3. Melakukan eksploitasi terhadap vulnerability Operating System atau suatu software/aplikasi, daftar vulnerability ini dapat dilihat di Exploit-D, OSVDB.org,CVE Mitre atau kalau di Indonesia ada Exploit-ID.
  4. Melalui file-file Flash alias video atau animasi di suatu website, hal ini terjadi karena adanya vulnerability pada adobe flash player yang terus menerus ditemukan.
  5. Melalui file-file dokumen seperti PDF, Word, Excel, PPT dan sebagainya. Adobemenjadi sasaran yang paling sering dieksploitasi oleh para pembuat malware pada saat ini.
  6. Dari software bajakan, terutama game yang disertai dengan sebuah crack atau keygen (key generator).
  7. Dari software palsu atau disebut sebagai Rogue Software, kebanyakan menyamar sebagai AntiVirus palsu.
  8. Melalui peer to peer atau file sharing semacam Torrent, Vuze dan sebagainya.
  9. Dari situs palsu atau disebut juga website Phising yang kalau diakses tampak seperti aslinya padahal situs tersebut hanya menyimpan username dan password anda kemudian melanjutkannya ke situs tujuan asli.
  10. Melalui "link" situs yang telah disusupi dengan malware, biasanya setelah link tersebut diklik ada sebuah pertanyaan yang menyertainya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar