Cara Mengatasi Komputer Terkena Malware

     Cara Mengatasi Komputer yang Terkena Malware



1.                  Scan penuh komputer dengan program Anti Virus
Jika komputer terserang oleh malware, maka yang harus dilakukan adalah memindai seluruh komputer dengan program Anti Virus yang anda miliki, dan mudah – mudahan program Anti Virus bisa memulihkan keadaan.
2.                  Update Anti Virus & Lakukan Scan penuh
Jika cara pertama tidak berhasil, mungkin saja program Anti Virus belum terupdate atau terperbaharui sehingga program AV tidak mengenali varian Virus tersebut. Jika komputer terhubung dengan jaringan internet, maka hanya tinggal mengupdate program Anti Virus secara otomatis. Namun jika tidak mempunyai koneksi internet, maka perlu mendownload ‘database definition’ secara manual  dari situs Anti Virusnya dan memperbaharuinya secara manual. Agar program Anti Virus mengenali varian Virus –virus  terbaru. Lalu apabila proses update telah berhasil matikan koneksi internet Anda (jika terhubung) & lakukan scan penuh terhadap komputer.
3.                  Scan VIA ‘safe mode’
Apabila komputer tidak bisa membuka program Anti Virus karena telah diblokir oleh Virus. Maka yang perlu dicoba adalah masuk ke dalam ‘safe mode’. Dengan cara merestart komputer lalu menekan tombol F8 pada saat booting sehingga muncul pilihan ‘safe mode’. Langkah selanjutnya adalah membuka program Anti Virus-nya dan berharap Anti Virus-nya bisa di buka dan juga  virusnya tidak aktif di ‘safe mode’, lalu melakukan scan penuh terhadap komputer.
4.                  Gunakan program Anti Virus portable
Namun jika langkah di atas tidak berhasil & Virus masih tetap aktif pada ‘safe mode’, mungkin anda perlu menggunakan program Anti Virus yang sifatnya ‘portable’ , yang dimana program tersebut tidak perlu di install ke dalam komputer, hanya perlu menjalankanya dan melakukan scan terhadap komputer Anda dan berharap masalah selesai.
5.                  Hapus Virus lewat LIVE CD
Namun jika Virus tersebut memblokir program .exe, sehingga tidak bisa membuka program anti virus portable. Maka bisa mencoba menghapus manual file induk virus tersebut menggunakan LIVE CD dari varian OS  Linux.

Perlu teliti terlebih dahulu dan yang perlu diperhatikan adalah file yang Anda hapus, salah–salah Anda malah menghapus file system windows Anda buka file virusnya, sehingga merusak sistem yang ada. Menggunakan LIVE CD perlu membutuhkan sedikit keahlian, menggunakan OS selain Windows, yang terakhir bila masalah tak kunjung usai, mungkin ini saatnya anda beralih ke sistem operasi yang lebih aman dari serangan Malware & Virus.

Seperti MAC OS, LINUX & UNIX.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

belajarhebat mengatakan...

artikelnya bagus

Posting Komentar