cara mencegah komputer terkena malware

     Cara Mencegah Komputer Terkena Malware



1.                  Pasang program keamanan / Anti virus
Memasang program keamanan, seperti Anti Virus, Anti Rootkit, Malware Removal dan lain – lain sangatlah penting untuk menghidari komputer terserang oleh serangan malware yang jahat, terutama bagi pengguna sistem operasi Windows yang terkenal dengan banyaknya virus yang menyebar. 
2.                  Windows Defender
Jika belum sempat memasang program Anti Virus, maka bisa menggunakan program keamanan bawaan windows, yaitu ‘windows defender’.
3.                  Lakukan update program keamanan / antivirus secara berkala
Jika langkah pertama telah selesai, maka hanya perlu melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu melakukan update / proses memperbaharui program keamanan yang dimiliki, karena jika tidak maka program keamanan tidak akan bekerja secara maksimal, dikarenakan malware / virus dan varianya terus berkembang, oleh karena itu perlu memperbaharui program keamanan untuk mengenali malware yang terus berkembang. Jika tidak maka program keamanan di ibaratkan seperti ‘Macan Ompong’.
4.                   Update sistem operasi
Jika sistem operasi berlisensi resmi dalam kata lain asli, maka disarankan untuk melakukan update terhadap sistem operasi. Dengan melakukan update sistem operasi  sama dengan menutup celah – celah yang terdapat di dalam sistem operasi tersebut, yang mungkin bisa di manfaatkan oleh si Malware untuk merusak sistem.
5.                  Scan komputer dengan antivirus secara berkala
Jika komputer telah terpasang program antivirus dan terupdate, biasakan untuk melakukan ‘scan’ atau pemindaian komputer secara rutin, ditakutkan ada malware yang berhasil menenbus  program antivirus dan masuk ke sistem komputer Anda secara tidak di ketahui. Lakukanlah pemindaian minimal 1 bulan sekali.
6.                  Jangan sembarang memasukkan flashdisk
Salah satu media penyebaran paling ampuh Malware / virus saat ini adalah flashdisk, oleh karena itu janganlah sembarangan memasukan ‘flashdisk’ ke dalam komputer untuk mencegah penyebaran malware. Maka dari itu disarankan untuk melakukan  pemindaian terhadap flashdisk yang di colokkan ke komputer dengan program Antivirus.
7.                  Matikan Fitur AutoRun
Mematikan fitur autorun pada windows merupakan salah satu mencegah penyebaran Malware, dikarenakan kebanyakan malware saat ini memanfaatkan fitur ini untuk mengeksekusi dirinya secara otomatis.

8.                  Jangan sembarangan memasang program yang tidak dikenal
Telliti sebelum memasang, mungkin kata tersebut ada benarnya. Disarankan untuk tidak menggunakan program – program yang tidak dikenal, dikarenakan kebanyakan malware suka bersembunyi di balik program – program tersebut, untuk mengelabui korbannya. 
9.                  Hindari penggunaan program bajakan
Jika mempunyai banyak rezeki atau uang, maka disarankan untuk menggunakan program yang berlisensi resmi / asli, karena jika menggunakan program bajakan kemungkinan program tersebut sudah di susupi oleh Malware
10.              Hati – hati saat berselancar di internet
Bagi yang sering berselancar di dunia maya (internet), maka perlu berhati– hati, dikarenakan internet merupakan ladang berbagai macam Malware, yang menjadi ancaman. Maka dari itu perlu waspada, seperti tidak mebuka situs berbahaya, prono, dan tidak terpercaya.

Jangan sembarang klik link, teliti dahulu sebelum membuka, mungkin saja itu merupakan situs ‘phishing’. Karena jika Anda membuka situs tersebut, mungkin saja komputer telah di bajak secara diam – diam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar