Pendahuluan

       Belakangan ini sudah banyak program jahat yang mengganggu keamanan sistem komputer. Bahkan, komputer saat ini tidak luput dari program jahat sekecilpun. Contohnya Virus ganas pernah menyerang Indonesia bulan September 2006. Dari total 1271 kasus, penginfeksian virus terganas mendalangi 461 kasus (detikINET, 12/10/2006). Berbeda dari tahun 2006 menurut Yudhi Kukuh Technical Consultant ESET  Indonesia pada tahun 2012 relatif tidak ada malware  istimewa yang mampu menginfeksi demikian hebat di Indonesia. Meskipun sekecil apapun jenis program jahat tersebut tetap mengganggu kinerja sistem komputer.

       Tidak hanya Virus saja yang mengganggu komputer tetapi masih banyak program lain, semisal Bacteria, Logic Bomb, Worm dan lain-lain. Untuk itu perlu adanya kewaspadaan diri dalam menjaga komputer ataupun laptop agar tidak terserang program tersebut. Sekarang ini, sudah banyak software yang dapat mencegah rusaknya komputer yang disebabkan oleh program jahat.

       Jika komputer atau laptop kita terkena program jahat tentunya akan mengganggu aktifitas, sehingga perlu adanya software yang membantu untuk meringankan akibat program tersebut. Terkadang banyak user yang mematikan program antiVirus karena menganggap akan memperlambat sistem kerja komputer. Tapi bukankah lebih baik mencegahnya daripada berakibat fatal diakhirnya ?

       Oleh karena itu, saya menulis makalah ini dengan tujuan memberi pemahaman dasar tentang macam program jahat serta perangkat lunak untuk mengatasi masalah tersebut. Pemahaman yang singkat, padat, jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh para pemula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar